Selasa, 14 Februari 2012

Lima gejala Kanker

Kami rasa kamu sudah memahami bahwa kanker merupakan penyakii yang sangat mengerikan. Kanker merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan penderitanya meninggal dunia. Tapi jangan terlalu mengkhawatirkan kanker, dengan izin Tuhan kita bisa mencegah terjadinya kanker jika kita segera mengetahui tanda-tanda atau gejala pada tubuh yang kemungkinan bisa menyebabkan kanker. Para ahli percaya bahwa dengan mendeteksi kanker lebih awal bisa meningkatkan peluang sembuh dan harapan hidup mereka yang menderita kanker.
Berdasarkan laporan dari vivanews via healthmeup, seorang dokter asal india yaitu Dokter Shyam Aggarwal dari Sri Gangga Ram Hospital menyebutkan lima gejala atau tanda-tanda kanker. Gajala ini pada awalnya memang seperti penyakit biasa, namu jika semakin lama semakin parah, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut, karena mungkin saja sebagai tanda awal dari kanker.

Berikut ini gejala yang harus kamu perhatian yang kemungkinan merupakan gejala awal dari kanker.
1. Batuk lama tanpa dahak
Ada banyak kondisi medis yang dapat menyebabkan batuk dan sesak napas, antara lain infeksi dan peradangan. Tetapi, dalam beberapa kasus, gejala ini mungkin jadi tanda kanker paru-paru.
Segera perikasakan diri ke dokter jika kamu mengalami batuk kering, tanpa dahak, apalagi kalau sampai berdarah, selama dua minggu tanpa henti.
2. Bercak putih di lidah dan dinding mulut
Kondisi ini juga dikenal sebagai lenkoplakia, yang mungkin berkembang menjadi kanker rongga mulut. Leukoplakia merupakan daerah pra-kanker yang disebabkan karena seringnya terjadi iritasi sering. Jika tidak diobati, leukoplakia bisa menjadi kanker. (pie)
3. Luka di mulut yang tak segera sembuh
Jika kamu memiliki sariawan atau plak putih di mulut yang tak sembuh-sembuh selama lebih dari tiga minggu, segera konsultasi ke dokter. Jika kamu merokok, sebaiknya segera berhenti. Ini mungkin berhubungan dengan iritasi konstan, yang dipicu sel kanker. Mungkin kamu sudah mengerti mengenai bahaya rokok
4. Darah dalam feses
Kembung, sakit perut, pendarahan dubur atau munculnya darah dalam feses bisa jadi pertanda kanker usus. Darah biasanya berwarna agak gelap, tapi ada juga yang segar. Llebih waspada jika terjadi perubahan pola buang air, seperti diare atau sembelit tanpa alasan jelas.
5. Berat badan turun drastis
Demam yang berlangsung lama, disertai penurunan berat badan drastis, tubuh lemas selama sekitar 3-4 minggu, bisa jadi tanda kanker.
Penurunan berat badan yang signifikan selama beberapa bulan tanpa sebab yang jelas, bisa jadi salah satu gejala awal kanker. Kondisi ini sering dikaitkan dengan kanker pankreas, perut, kerongkongan, atau paru-paru.
Itulah lima gejala atau tanda-tanda  yang harus kamu perhatikan, karena mungkin saja bisa menyebabkan kanker. Mencegah lebih baik dari pada mengobati.

2 komentar:

Sonny Anugrah mengatakan...

hahahaha.. lcu sekali blognya.. :D

Sonny Anugrah mengatakan...

cya.. !! :(